Minggu, 08 November 2020

Belajar Blog Dasar di SAGUSABLOG



Sebagai seorang guru, kita harus mengikuti perkembangan era digital. Penerapan TIK dalam pembelajaran sangat penting sebagai implementasi Pembelajaran Abad-21. Pengintegrasian TIK dalam Pembelajaran Abad 21 akan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi peserta didik. Salah satu perkembangan era digital yang harus dikuasai seorang guru adalah mampu membuat sebuah blog.

Menurut Wikipedia blog merupakan  singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog.

Sebelum saya mengikuti kegiatan di SAGUSABLOG, saya sudah mempunyai beberapa blog yang saya buat dari belajar coba-coba sejak tahun 2017. Awal saya masuk dan mendaftar di IGI tanggal 1 November 2020. Sebagai anggota pemua di IGI, rasa penasaran membuat saya searching kegiatan-kegiatan dan pelatihan yang ada di dalamnya.Tiba-tiba mata saya tertumbuk dan tertuju pada sebuah kegiatan SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog). Saya memilih kegiatan ini karena saya ingin belajar dari awal bagaimana proses pembuatan serta pengeditan sebuah blog.

Kegiatan SAGUSABLOG  dilaksanakan pada 8-14 November 2020. Alhamdulillah, hari ini saya dapat mengikuti pelatihan di tengah-tengah kesibukan mengikuti PPG daljab secara daring. Meskipun pada Sabtu, 7 November 2020 saya tidak mengikuti pembukaan pelatihan SAGUSABLOG, tetapi saya dapat memutar ulang rekaman yang telah disediakan oleh panitia.

Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh Bapak/Ibu Mentor SAGUSABLOG yang selalu membimbing dengan penuh kesabaran dan responsif terhadap kesulitan-kesulitan yang saya alami. Semoga kegiatan positif ini dapat diikuti oleh seluruh guru tanah air sehingga dapat meningkatkan peran guru dalam pengintegrasian TIK sesuai pembelajaran Abad-21. Semoga blog-blog yang diakses siswa adalah blog milik para guru dengan konten-konten terupdate, terpercaya, menarik dan dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam pembelajaran. Link video IGI

 : https://youtu.be/wkYBDGp3y7Y





Tidak ada komentar:

Posting Komentar