Jumat, 13 November 2020

KESERUAN BELAJAR DI SAGUSABLOG DASAR ANGKATAN 51

Di sela-sela kesibukan mengikuti PPG Daljab secara daring, setelah masuk anggota IGI, rasa penasaran membuat saya membuka-buka konten IGI. Banyak sekali pelatihan untuk guru yang tentunya sangat menunjang profesi guru di abad 21. Salah satunya adalah SAGUSABLOG. Pelatihan yang berlangsung selama 7 hari yaitu mulai 8-14 November 2020, yang menurut saya harus bergelut membagi waktu antara tugas PPG, tugas sekolah, serta tugas rumah yang cukup padat. Tetapi konsistensi untuk belajar di pelatihan SAGUSABLOG Dasar harus pula dijalani.

Dalam Pelatihan SAGUSABLOG Dasar angkatan 51, dibagi menjadi beberapa kelompok mulai kelompok 51-A hingga 51-T dengan aplikasi telegram sebagai sarana untuk berkonsultasi dengan para mentor. Grub telegram SAGUSABLOG DASAR 51 merupakan grub besar yang anggotanya memuat semua anggota kelompok. Kemudian setiap kelompok dibagi ke grup telegram yang berbeda dengan beberapa mentor pembimbing.

Saya berada di kelompok 51-L dengan bimbingan para mentor hebat, di antaranya Bapak Darwono, Bapak Arif Sholehudin, Bapak Beny Syapri, Ibu Saryanti Sjarif, dan Ibu Effika Barus. Beliau-beliau adalah mentor yang saya kenal sangat ramah dan sabar untuk membimbing saya saat saya mengalami kesulitan. Bahkan Ibu Saryanti Syarif menyempatkan waktu menghubungi saya ketika saya kesulitan masuk untuk menemukan kelompok 51-L sebab saya termasuk anggota baru di IGI. Selain itu ada teman-teman seperjuangan dalam satu kelompok, yaitu Bapak Sinto Ariwibowo, Bapak  Aminullah, Bapak Moch. Ridwan Abdullah, Ibu Hikmah, Ibu Widya Nuraeni, Ibu Nurul Aminatus, dan Bapak Muclisin. Karena mungkin kesibukan masing-masing, kami satu kelompok jarang menyapa satu sama lain di dalam grub.  

Untuk modul yang harus dikuasai dalam SAGUSABLOG Dasar terdiri dari 6 modul, yaitu :

1.         Modul 1      : Membuat blog guru dengan engine blogger

2.         Modul 2      : Mendesain template blog guru

3.         Modul 3      : Mendesain header blog guru

4.         Modul 4      : Mengelola dan menghias blog guru

5.         Modul 5      : Mengelola dan membuat menu

6.         Modul 6      : Membuat dan mengelola soal online

Alhamdulillah, semua modul telah saya pelajari dan saya terapkan di blog sesuai waktu yang ditentukan meskipun masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Dari keenam modul ini banyak sekali manfaat yang saya peroleh. Karena awalnya, sebelum belajar di SAGUSABLOG, saya selalu menulis konten langsung di postingan baru dan belum bisa menyematkan berbagai file pff, word dan powerpoint ke dalam blog. Alhasil RPP dan Silabus yang saya tuliskan menjadi acak/berantakan.

Di penghujung pelatihan ini, ada kebahagiaan dan kebanggaan karena saya dan teman-teman telah melewati tantangan untuk mempelajari dan menguasai modul. Tetapi di sisi lain ada kesedihan sebab harus berpisah dan berhenti konsultasi dengan para mentor pembimbing saat mengalami kesulitan. Ada sebuah ikatan hubungan kebersamaan yang harus terhenti bersama teman-teman seperjuangan. Meskipun demikian, jangan kita terhenti untuk tetap menulis, berkarya, dan saling menginspirasi.

Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh Bapak/Ibu mentor hebat SAGUSABLOG Dasar 51 khususnya kelompok 51-L dan semua teman seperjuangan. Salam sukses buat Bapak/Ibu mentor hebat, semoga kebaikan Bapak/Ibu mentor dibalas dengan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Untuk teman-teman para guru hebat, sampai berjumpa di angkatan berikutnya dan mari tetap jaga semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar